Cara Buka Tabungan Syariah

buka tabungah syariahTabungan syariah saat ini bisa dibilang masih cukup jarang diminati oleh masyarakat luas karena cara buka tabungan syariah masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, lain halnya dengan tabungan konvensional yang lebih banyak dikenal masyarakat. Padahal, sebenarnya tabungan syariah nyatanya mempunyai banyak keuntungan jika dibandingkan dengan tabungan konvensional. Tidak hanya karena landasan agama aja, namun produk syariah pun memiliki keuntungan finansial untuk para nasabahnya. Jika kalian tahu, per tahun 2017 lalu, kontribusi dari tabungan syariah pada perbankan di Indonesia hanya mencapai 10 persen. Padahal mayoritas penduduk yang ada di tanah air ini ialah penduduk Muslim. Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa tabungan syariah ini masih belum cukup populer ialah karena banyak orang yang menganggap jika tabungan tersebut hanyalah untuk menunaikan ibadah saja. Dan nyatanya memang masih banyak yang belum tahu mengenai kelebihan apa saja yang dimiliki oleh tabungan syariah. Berikut ini terdapat 4 poin yang menjadi kelebihan dari tabungan syariah yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Bebas biaya administrasi. Tabungan syariah sendiri menerapkan bebas biaya admin pada prosesnya. Meskipun ada juga tabungan konvensional yang menyediakan fasilitas bebas biaya admin. Tapi, biasanya terdapat persyaratan tertentu untuk mereka dapat menikmati fasilitas tersebut. Misalnya ialah dengan minimum saldo tabungan tersebut. Sedangkan tabungan dengan akad syariah tidaklah memberlakukan hal seperti itu. Fasilitas untuk bebas biaya administrasi disediakan untuk semua kalangan. Dan tentunya, tidak hanya untuk yang berkantong tebal saja yang dapat menabung tanpa adanya potongan. Di dalam tabungan syariah, biasanya produk tabungan dibuat didasarkan pada akad buat simpanan dan bukan dapat bunga.

2. Ada produk khusus yang tidak ada di bank konvensional lainnya. Di dalam tabungan syariah, terdapat produk khusus yaitu tabungan qurban. Biasanya Bank konvensional sendiri tidak memiliki produk tabungan qurban, tabungan haji, maupun tabungan wakaf. Hal tersebut karena aturan Islam tentang produk-produk tersebut memang harus disediakan oleh bank syariah, dan bukan oleh bank konvensional.

3. Adanya sistem bagi hasil dan bukan bunga. Tabungan syariah bisa dibilang juga menguntungkan karena tidak adanya sistem bunga (riba) dan hanya memakai sistem bagi hasil. Di dalam tabungan bersyariah, Anda tidak akan menemukan istilah bunga tapi hanya akan menemukan istilah bagi hasil. Dan dengan sistem yang satu ini, perhitungan bagi hasil yang akan Anda peroleh akan ditentukan oleh pendapatan bank. Sedangkan untuk sistem bunga biasanya ditetapkan berdasarkan dari kebutuhan dana bank itu sendiri.

4. Akad yang sesuai dengan syariah Islam. Pembagian hasil serta ketentuannya yang jelas dari awal. Yang paling penting ialah, akad merupakan pembeda antara tabungan syariah dengan tabungan konvensional. Dan juga, akad yang digunakan di tabungan yang satu ini juga cukup beragam. Sehingga, Anda pun dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

buka tabungan syariah onlineSetidaknya ada dua jenis akad yang ada pada tabungan berlabel syariah. Yang pertama ialah Akad mudharabah yakni dimana nasabah menabung di bank syariah dimana bertujuan agar uangnya dapat dikelola. Oleh karena tu, nanti nasabah pun akan memperoleh bagi hasil. Dan juga, akad mudharabah ini juga masih terbagi lagi menjadi dua pilihan, yakni mudharabah mutlaqah serta mudharabah muqayyadah. Untuk yang pertama ialah nasabah memberi izin ke bank untuk dapat mengelola uangnya di industri yang berprinsip syariah. Sedangkan yang kedua, nasabah dapat memilih sendiri tempat, cara, hingga obyek investasi yang dia inginkan tapi untuk risikonya ditanggung oleh nasabah itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *